Cara Menanam Binahong di Pekarangan Rumah

binahong hijau


Binahong yaitu tumbuhan merambat yang mempunyai nama latin Anredera cordifolia. Dalam bahasa  Inggris tumbuhan ini disebut sebagai Heartleaf maderavine madevine. Tanaman ini adalah tanaman obat yang dapat di bertanam di pekarangan rumah. Tanaman yang mudah beradaptasi dengan bermacam-macam cuaca ini bisa juga difungsikan sebagai tanaman hias.

Dalam beberapa literatur Binahong dapat digunakan sebagai herbalpenyembuh penyakit berat. Beberapa penyakit yang bisa di sembuhkan tanaman ini meliputi : penyembuh luka bakar, sakit mag, baik untuk kesehatan jantung, mencegah kanker, mencegah kencing manis, memulihkan stamina, mencegah asam urat, penyembuh luka dan mengobati anemia.

Binahong tersedia dua jenis, merupakan; binahong hijau serta binahong ungu. Binahong hijau mempunyai ciri - ciri batangnya lunak, membelit serupa dengan binahong, silindris, berdaun hijau, permukaannya daun lembut, mengkilap, serta apabila di tumbuk bakal mengeluarkan lendir. Sedangkan Binahong merah memiliki ciri-ciri; batang lebih besar dibanding binahong hijau, warna merah keunguan, daun lebih lebar dibanding binahong hijau, kalau telah tua mempunyai biji di ketiak daun.

Teknik budidaya binahong


Pembibitan binahong


bibit binahong ungu


Pembibitan tanaman Binahong bisa dilakukan dengan teknik di stek. Umumnya stek batang menjadi yang dipilih favorit para petani.  Stek batang diperoleh dari hasil panenan tanaman sebelumnya. Bagian stek yang diambil ialah bagian tengah batang supaya tidak terlalu tua dan nggak terlalu muda.

Pilih batang pohon indukan yang mempunyai ukuran sedang sepanjang 10 cm. Kemudian, batang stek binahong tersebut ditanam di pot/polybag yang berisi media tanam berupa tanah humus. Batang stek ditanam dengan dipastikan bagian ujung batang stek berada di bagian atas. Setelah itu lakukan penyiraman pada tanah dalam polybag serta tunggu beberapa hari sampai dengan timbul tunas baru atau bibit binahong telah mempunyai akar baru dan bibit binahong siap dipindah tanamkan. Walaupun akan lebih baik tunggu bibit berumur satu bulan.


Penanaman binahong


Setelah bibit dan lubang melakukan pekerjaan tanam-menanam siap, pohon Binahong bisa ditanam, adalah dengan metoda membuka polybag bibit serta bertanam bibit Binahong ke dalam lubang tanam, lalu timbun kembali dengan bertanam, sedikit padatkan serta lakukan penyiraman segera.

Karena merupakan tanaman merambat, tanaman Binahong diberi ajir untuk merambatkan sulurnya. Ajir tersebut dapat berupa susunan kayu ataupun tali. Kalau penananaman dekat tembok atau pagar maka dapat dimanfaatkan sebagai media rambat.

Pemasangan ajir sebaiknya mulai dikerjakan saat benih sudah mulai tumbuh untuk menghindari terjadinya luka pada akar tanaman binahong akibat tusukan ajir.

Ajir ini sendiri berfungsi sebagai area rambatan binahong sehingga binahong nantinya akan menggantung sehingga mempermudah perawatan serta pemanenan.

Yang terpenting dari cara membuat ajir adalah dia penting kokoh serta kukuh untuk menahan angin dan hujan. Biasanya ajir terbuat dari bambu maupun kayu dengan tinggi sekitar 2 meter.

Untuk menambah kekuatan ajir ini, Kamu dapat mengkaitkan 1 ajir dengan ajir tidak sama menggunakan bambu tambahan dalam satu bedengan.


Pemupukan


Sesudah bibit Binahong tertanam dengan baik, lakukan perawatan secara teratur. Penyiraman bisa dikerjakan secara teratur setiap 5-7 hari sekali seperlunya, serta jangan terlalu menggenang. Kecuali itu lakukan pula pemupukan susulan dengan menggunakan pupuk NPK 15-15-15 dengan dosis 1 gelas NPK untuk 40 liter air. Pemupukan tersebut dilakukan setiap 10-14 hari sekali dengan teknik dikocorkan pada lubang yang dibuat dengan jarak sekitar 10 cm dari akar tanaman Binahong. Dan, setelah usia 6 bulan dan daun pohon Binahong terlihat lebat, telah bisa dipanen, menjadi ramuah alternatif untuk menyembuhkan aneka penyakit.

Umumnya produktivitas binahong akan mengalami penurunan terlebih dahulu sebelum keadaan tanah menjadi stabil dan subur kembali. Proses penstabilan tersebut untuk setiap tanaman berbeda-beda. Untuk tanaman binahong, produksi menurun dalam 3-4 kali musim bertanam. Bakal namun, idealnya masa recoverylahan tersebut dapat mencapai 2 tahun. Sesudah mencapai titik kritis recovery lahan, produktivitas binahong bakal meningkat, serta bahkan bisa melampaui produktivitas saat masih dikerjakan secara konvensional.

Pupuk berbahan organik menjadi satu-satunya input yang dapat diberikan ke dalam lahan. Konsentrasi kandungan gizi hara pada pupuk organik lebih rendah dibandingkan pupuk kimia sintetik. Umumnya konsentrasi setiap unsur makro yang terdapat pada pupuk kandang atau kompos rata-rata sekitar 2-5 %. Jumlah tersebut jauh dibandingkan komposisi konsentrasi yang dimiliki oleh pupuk kimia sintetik, merupakan sekitar 30-50 %. Hal tersebut membikin keperluan pupuk organik jauh lebih banyak.

Jika Anda menggunakan tanah yang sebelumnya telah dipakai sebagai lahan tanaman berbeda, Anda nggak perlu memakai pupuk dasar, sebab tanaman binahong akan menyerap sisa sisa pupuk dari masa tanam sebelumnya.

Namun apabila Kamu memulainya dari permulaan, maka Kamu bisa memakai pupuk kandang yang ditambahkan dengan campuran pupuk Phonska, kalsium bubuk dan juga insektisida.

Penggunaan pupuk dasar ini dimaksudkan supaya dapat mencegah serangan larva uret yang menurut apa yang sudah dilazimkan menyerang tanah bedengan. Apabila semua tahapan pemupukan telah selesai, tutup bedengan memakai mulsa untuk mengantisipasi tumbuhnya gulma yang familiar tumbuh pada bedegan serta mengakibatkan tanaman kekurangan kandungan gizi.

Perawatan 


Perawatan yang penting diperhatikan yaitu penyiraman ataupun pengairan. Pada lahan beririgasi penyiraman bisa dilakukan dengan menggenangi lahan dengan air. Setelah tanah dirasa lembab, air dikeluarkan lagi. Pada tanah garapan tadah hujan, terutama saat awal pertumbuhan benih, penyiraman harus dikerjakan secara manual.

Setelah tanaman berumur 15-20 hari, berikan pemupukan tambahan. Pemupukan sebaiknya berupa pupuk kompos dengan jumlah 20 ton per hektar dengan disebar disekitar tanaman. Sesudah dipupuk, timbun dengan teknik menutup dengan tanah sekaligus meninggikan bedengan. Perlakuan ini bermanfaat untuk memperkuat cengkraman perakaran tanaman dan pupuk menyerap kedalam tanah.

Penyiangan diperlukan jika tumbuh gulma maupun rumput dalam bedengan. Lakukan
penyiangan terutama pada awal tanaman bertumbuh untuk menghindari persaingan
dalam mendapati kandungan gizi. Penyiangan dilakukan dengan mencabut dengan tangan maupun dipapas dengan arit.

Apabila dibutuhkan, untuk merangsang keluarnya bunga semprotkan pupuk organik
cair pada tanaman kacang panjang. Teknik pemberiannya. encerkan satu liter pupuk
organik cair dalam10 liter air. Setiap satu liter pupuk yang telah diencerkan cukup untuk menyemprot10 meter persegi tanaman.


Panen


Binahong  telah bisa dipanen sejak usia enam bulan dan masa panen bisa setiap dua minggu sekali. Jika dirawat baik, tanaman ini bisa bertahan hingga puluhan tahun. Saat panen, bagian yang diambil cuma daunnya saja. Bagian batang yang tersisa bakal bertunas kemudian menghasilkan daun baru yang akan dipanen
Ternyata, menanam binahong pun bisa dikerjakan secara gampang. Jadi, apakah Anda tertarik untuk membiakkan binahong sendiri di rumah?

Mengolah daun binahong


Faedah daun binahong bagi masyarakat kita mungkin nggak sepopuler daun sirih, lidah buaya, atau yang lainnya. Walaupun siapa sangka apabila daun binahong amat ampuh untuk menanggulangi banyak penyakit. Binahong (merupakan herbal yang telah dikenal masyarakat Cina sejak ribuan tahun silam.

Mereka menyebut tanaman ini sebagai Dheng San Chi dan sering dimanfaatkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Binahong tergolong jenis tanaman merambat yang hampir seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan.

Kecuali guna daun binahong yang dikenal manjur, bagian umbi dan batangnya juga diketahui banyak khasiatnya untuk kesehatan serta mengobati penyakit.

Ramuan yang dibuat dengan merebus bagian umbi binahong serta dicampur dengan sedikit madu serta diminum secara teratur, baik untuk menaikkan imunitas tubuh serta mempercepat terapi luka pasca operas

0 Response to "Cara Menanam Binahong di Pekarangan Rumah "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel